Cerita "Chapter 1 - A Storm At Sea" Dalam Game Pokemon Mystery Dungeon: Explorers of Time & Explorer

Setelah mengikuti kuis kepribadian untuk menentukan Pokemon mana yang akan menjadi Player, permainan dimulai. Setelah kuis selesai, dialog misterius akan terjadi di mana satu karakter mungkin jatuh dari cengkeraman yang lain. Setelah badai hebat, Pemain terdampar di pantai dalam keadaan tidak sadarkan diri.
Sementara itu, Mitra (dipilih setelah kuis oleh Pemain) mencoba memasuki serikat meskipun gugup. Ketika mereka mendekati pintu masuk guild, sebuah suara entah dari mana mendeteksi mereka dan kejutan itu menyebabkan Mitra kehilangan keberanian. Mitra mengeluarkan harta pribadi mereka, sebuah batu dengan lambang aneh di atasnya, dan menyesalkan bahwa bahkan membawanya bersama mereka tidak cukup untuk menjadi cukup berani. Mitra berjalan pergi dengan kekecewaan, tidak menyadari bahwa Koffing dan Zubat mengawasinya. Keduanya mendiskusikan harta Mitra dan bersekongkol untuk mencurinya.
Mitra turun ke pantai untuk menyaksikan pemandangan indah Krabby meniup gelembung saat matahari terbenam. Pemandangan itu menyemangati Mitra dan memperhatikan Pemain yang tidak sadar. Mereka berlomba ke sisi Pemain dan membuat mereka bangun. Mitra memperkenalkan diri dan Pemain menjelaskan bahwa mereka adalah manusia. Mitra menjelaskan bahwa Pemain terlihat seperti Pokémon dan Pemain mengetahui bahwa mereka telah menjadi Pokémon dan mereka tidak mengingat apa pun. Mitra meragukan cerita Pemain, tetapi menentukan bahwa mereka bukan Pokémon yang buruk. Tiba-tiba, Zubat dan Koffing menyerang Mitra dari belakang dan mencuri harta mereka. Mitra terlalu malu untuk melawan dan keduanya melarikan diri. Mitra tidak mau kehilangan harta mereka dan memutuskan untuk mendapatkannya kembali dan meminta Pemain untuk membantu mereka.
Keduanya berjalan melalui Gua Pantai dan menghadapi Zubat dan Koffing di akhir dan mengalahkan mereka. Keduanya menjatuhkan harta itu dan melarikan diri setelah bersumpah untuk membalas dendam. Mitra mendapatkan kembali harta itu dan berterima kasih kepada Pemain atas bantuan mereka. Keduanya kembali ke pantai dan Mitra menjelaskan bahwa harta mereka adalah Fragmen Relik, nama yang mereka berikan sendiri. Mereka melanjutkan dengan mengatakan bahwa mereka selalu tertarik pada legenda dan pengetahuan dan impian mereka adalah untuk menjelajahi semua jenis tempat yang tidak diketahui yang penuh dengan harta karun dan sejarah dan mereka bergabung dengan tim eksplorasi untuk memenuhi mimpi itu. Mitra menjelaskan upaya mereka sebelumnya untuk bergabung dengan serikat, dan bertanya kepada Pemain apa yang akan mereka lakukan selanjutnya karena mereka tidak punya tempat untuk pergi sebelum meminta mereka untuk membentuk tim eksplorasi.